Perjalanan Meraih mimpi-mimpi indah di Gunung Papandayan

23:46

Padang Edelweis
       Rencana naik gunung sebenarnya sudah jauh-jauh hari dipersiapkan setelah diajak oleh teman satu asrama yaitu arif febriyani FTUI perkapalan :D ,bahkan bisa dibilang rencana ini telah bisa menyitakan banyak agenda-agenda saya dan organisasi di kampus. Awalnya sih, rencananya mau naik gunung gede-pangrango dan pada waktu itu tepatnya pada tanggal 14-16 juni 2013. Dan segala perlengkapan saya sudah mulai saya siapkan. Dan bahkan Putri Hardiyanti FISIP  jurusan Kriminologi. pada waktu itu sudah siap dengan segala perlengakapan dan bahkan semangatnya semakin besar ketika saya bilang kepada dia bahwa di puncak gede-pangrango ada yang namanya lembah mandalawangi yang kata orang-orang sangat indah , hal ini yang membuat saya juga mempunyai tekad yang sangat kuat untuk mendaki gunung tersebut.

Well … sebenarnya selain saya( zulhaji Fisika FMIPAUI 2011) dan putri yang diajak oleh arif  adalagi yang diajak oleh dia yaitu  seniornya yang ingin ikut J , dan selain seniornya juga ada teman-teman baik laki-laki dan perempuan yang ingin ikut  . namun beberapa hari sebelum hari H-nya arif memberikan informasi kepada kami bahwa pendakian dibatalkan karena pada waktu itu ada seniornya pada hari yang bersamaan beliau harus bernagkat ke Malaysia untuk mengikuti agenda magang disana.

So well rencana naik tanggal 14-16 juni dibatalkan, dan pada waktu kata arif dia membatalakan pendakian selain dengan alasan itu , dia juga bilang bahwa yang sebenarnya yang pengen sekali naik gunung adalah temannya yang pergi ke Malaysia hmmmmm .
Setelah itu sebenrnya saya mendesak untuk agenda ini untuk dijadiin, namun apa boleh buat nasi sudah menjadi bubur(*nahlo apa hubungannya ).  Dan akhirnya kami batalkan pendakian pada waktu itu , dan  teman-teman kalau mau tahu si Putri itu sudah siap banget . tapi ya sudahlah niat untuk naik gunung diurungkan.
Kawah di sekitar gunung papandayan
Namun setelah itu saya meminta kesediaan waktunya arif untuk membuat planning , dan Alhamdulillah pada waktu itu saya berkunjung ke asrama UI untuk sekedar ingin mengobati rasa rindu dengan asrama (*lebay dikit) dan sebenarnya ingin bertemu dengan sahabat-sahabat lamaku disana juga hehehehe

Saya dan arif melakukan pembicaraan kembali terkait planning untuk ganti waktu pendakian gunung gede-pangrango dengan segala pertimbangan akhirnya saya dan arif sepakat untuk mendaki pada tanggal 28-30 juni 2013. Dan akhirnya saya juga memberitahukan si putri bahwa pendakian kita di undur, dan saya juga minta kepada putri untuk mengajak teman-teman asrama yang lain agar ramai  sambil bernostalgia dengan keluarga kecil kedua nan-bahagia yaitu keluarga asrama 2011 dan tak lupa juga saya mnegajak teman-teman saya untuk ikut pendakian ini . dan bahkan saya ajak Suci FPsi UI yang dulu pernah satu divisi di sahabat asrama agar bisa ikut bernostalgia sama teman-teman yang lain hehehe .
di kostnya kak ratih Depok

Dan selain itu juga kami berdua mulai mengistimasikan biaya kesana secara total yang setelah di hitung-hitung sekitar 100 ribu-an. Setelah pertemuan saya jarang sekali menghubingi arif terkait dengan pendakian ini . dan pada beberapa hari sebelum har H-nya arif memberikan info lagi bahwa dia lagi sakit karena beliau habis melakukan penyelaman bersama Pramuka UI dan katanya badannya lagi gak enak.
Huuhhhh berita ini yang membuat saya jadi stress karena saya sudah mempersiapkan semua itu dengan matang-matang dan tiba-tiba dibatalkan , tapi pada waktu itu juga arif memberikan keleluasan untuk naik biarpun gtanpa dia , namun sebagian besar kita yang ingin pada naik ini adalah newbe(*sebutan untuk yang baru pertama kali) , namun selain itu juga arif menawarkan kepada saya dan teman-teman yan lain yaitu untuk pendakian gunung gede-pangrango dialihkan ke pendakian menuju gunung papandaya Garut Jawa Barat yang katanya  dia anak-anak teman-teman FTUI ikut juga dan teman-teman yang lain juga  mau ikut. Ya sudah karena saking pingin banget naik gunung sampai puncak, akhirnya saya ikut aja deh, intinya saya bilang bisa sampai puncak .

Tegal Alun
Sebenarnya kenapa saya bilang begitu ,karena masih traumatis dengan pendakian beberapa bulan yang lalu yakni pada akhir bulan januari 2013 saya dan beberapa  teman-teman MIPA UI  dan FEUI untuk mendaki gunung ciremai yang katanya gunung paling tinggi se-jawa barat , namun pada waktu itu kami nekad untuk pergi kesana padahal pada waktu itu dari pemerintah sendiri tidak mengijinkan untuk para pendaki untuk melakukan pendakian karena cuaca yang lagi tidak mendukung , bahkan bebrapa hari sebelumnya ada berita salah seorang pendaki yang meninggal di gunung ciremai , namun kami nekad sekali akhirnya kami memutuskan untuk naik , ehhh baru nyampe pos 1 kami sudah gak kuat lagi karena badai sedang melanda gunung itu(*ehhlebay)  dan selain itu juga persediaan logistic juga mulai menipis , dan akhirnya kami memutuskan untuk turun dan tidak melanjutkan pendakian sampai puncak , nah gitu teman-teman sedikit cerita yang sangat lucu karena tidak sampai puncak ciremai .

Well , balik ke topic yang sebelumnya .
Akhirnya saya dan putri ngikut aja dah sama arif . nah selain itu juga  arif bilang ajakin yang lain juga biar rame katanya , akhirnya saya juga mengajak teman-teman MIPAUI , namun semua pada gak bisa , sebut saja Bang Dinul Matemtika UI 2010 , beliau gak bisa katanya, dan sebenarnya ada satu senior-ku yang ingin ikut yakni kak tyas fisika 2010 , namun satu hari sebelum kita berangkat dia memutuskan untuk tidak ikut karena prediksi dia cuaca lagi gak bagus , karena depok dalam beberapa hari itu juga di guyur hujann tanpa henti. Namun selain saya yang mengajakl teman-teman yang lain si Putri juga ngajak teman-temannya yang lain , dan kata putri dia sudah mengajak dua orang yakni satu orang dari kriminologi dan satunya lagi dari Teknik.

Well . sebelum hari H-nya kami mempersiapkan segala macam perlengkapan yang sangat di butuhkan ,yakni muai carrier , sleeping bad , ponco , dan pakaian dan obat-obat pribadi. Dan setelah semua kami persiapkan apasaja yang dbutuhkan  akhirnya kami para follower di minta kumpul di Halte stasiun UI pada hari Jum’at 5 juli 2013  jam 09.00 malam .ohh iya sobat-sobat pembaca, saya lupa kalau pendakian gunung papandayan pada  tanggal  5-7 juli 2013 .

Nah teman-teman pembaca sebenarnya ada yang  lucu hehehehe , yakni si putri ngasih tau saya bahwa dia masih belom punya ponco ,dan dia bilang “akan memakai payung naik gunung sebagai ganti ponco” , ckckck koplak banget , gimana bisa di puncak pakai payung ngarang aja nih si putri pikirku. Namun  dia akhirnya medapatkan ponco , gak tau dia dapat dari mana heheheh J .tidak itu juga, dia  bilang ke aku ” saya masih belum punya matras , gimana dong “ , terus saya bilang bawa sajadah tebal* aja (*pengalaman pada waktu naik ciremai ,bawa sajadah sebagai ganti matras) . namun akhirnya dia juga mendapat pinjaman dari menwa kata arif akhirnya dia punya matras juga hooooo
Well , terkait biaya kesana , arif sudah mengestimasikan sekitar 175 ribu-an , yo weslah saya dan putri dkk ngikut aja , yang penting bisa ikut dan bisa melihat panorama alam semesta ini dari dimensi manusia *(bahasa saintis dikit hehehe)
siap-siap turun dari tegal alun
Ketika hari H berangkat , pada Jum’at malam kira-kira sekitar jam 10.50 malam dari depok , kami berangkat ke terminal kampung rambutan dengan menggunakan angkot No.112 kalau kagak salah , dan kami berjumlah 14 orang, dan tidak mungkin dalam satu mobil , nah oleh sebab itu kami terbagi dua angko. Keseruan di angkot sepertinya tak terlupakan karena banyak hal-hal yang bikin ngakak , apalagi  sama putri dan arif , kak ardi  . koplak banget mereka , saling bully satu sama lain hmmm  pokoknya bikin ngakak dah semua orang , dan terkadang saya juga ikutan bullying si putri hehehehe , dan sesekali saya di bully oleh mereka hooooo.
selain itu juga ada  kak henny , rani , dan kak majid  yang bikin tambah seru di dalam angkot
untuk mencapai kampong rambutan dibutuhkan sekitar 30 menit , kami sampai terminal kampong rambutan pada pukul 11.28 malam. Nah di terminal kita nunggu bis jurusan Garut , dan biasanya sih jam 12-an baru datang .
dan setelah nunggu selama 20 menit di terminal akhirnya bis-nya datang  dan kami langsung siap-siap dan memasukkan tas-tas di bagasi bis . dan setelah itu kami semua nai
k, dan tepat pada pukul 12.00 lebih bis-nya berangkat dari terminal kampong rambutan.
Well , waktu yang dibutuhkan untuk sampai garut kira-kira 5 jam lebih, nah ketika di perjalanan  ada yang sangat menarik untuk di simak yakni ada seorang penjual buah-buahan  yang awalnya dia menawarkan dengan harga 1 buah jeruk berharga Rp.2000 sampai akhirnya turun jadi Rp.1000 karena kagak ada yang mau beli ,dia sanagt berisik di dalam bis  bayangin dari sekitar jam 2-an pagi sampai terminal garut  menawarkan kepada penumpang , namun itu sebuah keniscayaan bagi setiap orang yang mendapatkan rezeki lewat berjualan . dan sebenarnya kasian melihat muter-balik di celah penumpang , gak ada juga yang mau beli. Namun hal ini mungkin wajar karena pada waktu itu cuaca di perjalanan sangat dingin dengan diguyur hujan dari Jakarta sampai terminal rambutan , jadinya semuanya pada kagak niat mungkin. Dan bahkan saya ditawari sama penjual tersebut
Saya terus ditawari saampai mau  ,dan pada waktu si akang penjual bilang ke saya
 “ nih jeruk buat oleh-oleh saudara di rumah “
Saya spontan bilang “ saya tidak punya saudara” dengan nada biasa saja dan sambil tersenyum heheheh  . dan sampai putri juga di tawarkan untuk membeli namun tuh orang kagak mau beli juga
Dan ketika di tawar sama si penjual
Si putri bilang “moal” kalau tidak salah . maklumlah saya bukan orang sunda jadi bisa dengar doang.
Tegal Alun
Sampai di terminal garut pada pukul 04.40 sabtu pagi  dan budgetnya adalah untuk 14 orang adalah Rp.588.000 atau 42 ribu /orang ,
Dan  setelah itu kami langsung beranjak ke musholla terdekat untuk melaksanakan sholat shubuh  dan setelah semua pada kelar sholat , kami beranjak ke jalan dekat terminal , nah disana sudah banyak angkot carteran sudah menunggu , dan pada waktu nanyak harga katanya 1 orang Rp.15000 dan dia bialng sudah tidak bisa ditawar lagi , namun arif ngotot karena kata dia , baru beberapa hari yang lalu ada sekelompok temannya naik ke papapndayan ketika dari terminal sampai cisurupan itu hanya 10 ribu , tapi yo weslah ketika di tawar tidak mau , akhirnya kami menyanggupi untuk 1 orang Rp.15.000 ,dan total semua bayarannya adalah Rp.210000 namun  akhirnya dengan tawar dari putri jadinya kita mengeluarkan duit sebesar 200 ribu untuk sampai
Dan akhirnya kami berngakat dari terminal garut menuju cisurupan pada pukul 05.45 sabtu pagi dan sampai cisurupan pada pukul 06.23 ,
Nah setelah sampai cisurupan  kita naik mobil pick-up untuk sampai di gerbang pendakian. Dan ongkosnya  naik lagi , adohhh . kita menggunakn pick-up denganongkos 205 ribu untuk sampai gerbang pendakian , dan ketika sampai gerbang pendakian kita registrasi pendakian dengan 2 ribu /orang . namun sebelum kami naik mobil pick-up kami sarapan terlebih  dahulu di sekitaran jalan , ada yang makan bubur ayam da nada pula yang makan ketoprak tahu  dan harganya sama yakni 5 ribu /porsi. Setelah semua pada sarapan , kami berangkat ke atas pada pukul 07.23 pagi dengan menggunakan mobil pick-up dan sampai gerbang pendakian pada pukul 08.30 , namun kami tidak langsung mendaki , kami melakukan pemanasan dulu heehehe J biar kagak keram ntar di perjalanan.
Pertama tujuan kita adalah pondok salada dimana temapt itu adalah tempat bermalam  , kami berngkat dari gerbang pendakian pada pukul 09.00-an , dan disinilah perjuangan kami dimulai.
seperti apa yang ada di novel 5 CM
"cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, lapisan tekad yg seribu kali lebih keras dari baja. Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya. Serta mulut yang akan selalu berdoa"

Sarapan bareng Putri ,Rani , kak ardi ,dan kak Heny ,dan kak wisnu
Selama di perjalanan banyak pemandangan yang sangat indah dari yang gunung yang lainnya , karena ketika baru sampai gerbang ,kita sudah dihadapkan oleh kawah berapi dan bau belerang sangat menyengat kami semua . namun perjalanan kami semua terasa tidak melelahkan karena banyak canda tawa diantara kami semua. Selain itu juga di suguhkan dengan pemandangan alam yang sangat memanjakan setiap mata yang ada disana , subhanAllah kata ini yang terucap dariku melihat semua keindahan alam ciptaan Allah SWT . dan dari sana juga dapat melihat puncak cikuray dan puncak tertinggi jawa barat ciremai yang menjulang tinggi yang di selimuti awan putih   . waooooow sangat indah sekali dan sesekali kami berfotoan di tengah perjalanan. Dan satu hal lagi yang lucu, Senyum Rani , setiap kita Tanya ke rani “ capek gak “ jawabnya gimana , cukup dengan senyum. Dan ketika rani diberi semangat oleh teman-teman yang lain , responnya gimana .. pasti senyum kan
*maaf ya rani hehehehehehe
dan kami sampai pondok  salada pada pukul 10.16 sabtu pagi menjelang siang , dan sesampai disana duguhkan oleh keindahan alam yang sangat memukai semua makhluk , dan ternyata disana sangat ramai , orang-orang banyak sekali yang sudah bermalam disana sampai beberpa hari mungkin , di penuhi oleh kelompok pecinta alam  dari berbagai daerah di jawa .
hamparan bunga adelweis di pondok salada membuat kami ternganga menatapnya , selain itu juga kita bisa melihat hutan mati  yang indah akibat dari  lutusan tahun 1998, pokoknya keren dah…
setelah itu kami mencari tempat perkemahan untuk membaut tenda yang pas . dan akhirnya kami mendapatkan do sekitaran bunga adelweis hehehehe . dan kerennya adalah ketika kita keluar dari tenda kita langsung menatap hamparan bunga adelweis dan pohon-pohon yang hijau ,,,,
dan hawa dingin pun mulai terasa di sekitar temapt ngecamp , dan haripun semakin sore , udara di sekitarnya semakin dingin pula . huuuuuuuhhhh dinginnyaaaaa *gaya upin ipin
dan ketika malam hari pun tiba sinar mentari pun mulai menghilng dari peradaban alam sekitar , hanya lampu-lampu para pendaki yang terlihat dan api unggun di sekitar yang membuat malam kali ini terasa sangat special, magrib pun  tiba kami semua ambil air wudu ke sungai yang ada di pondok salada  yang airnya sangat jernih sejernih langit biru di siang dan dinginnya mencekam seperti ada di kutub (*lebay)
setelah ambil air wudhu kami menunaikan kewajiban sholat magrib . dan setelah itu kami membuat api unggun supaya bisa menetralisir kedinginan di alam sekitar kami .
setelah sholat, jelang waktu magrib dan isya   kami ( saya , puri , rani ,arif ,dan kak ardi ) duduk di tempat yang lapang  , yang mana kita bisa melihat bintang-bintang yang bertaburan di langit mala mini. Selain itu kami pada bernyanyi suka ria disana .. seru sekali dah , di sisi lain teman-teman yang lain pada sibuk buat api unggun dan buat minuman jahe untuk menghangatkna badan ini yang sudah terlalu dingin huuuhhhh .
setelah itu kami sholat isya berjamaah juga , sholatnya di lapang tersebut dan sambil menikmati dinginnya malam kami semua melaksannakan sholat isya . sampai badan saya itu menggigil-gigil …
well , after that , kami berkumpul di depan api unggun, kita main bareng di situ , main tebak-tebakkan , sampai malam . dan tebakannya kocak-kocak yang bikin ngakak , namun selain itu juga membuat saya berfikiir kritis untuk menjawab pertanyaannya. Dan yang jadi man of the match *kayak main sepak boal aja heheheh :) , dia adalah arif , dia punya banyak tebakan yang bikin sebagian dari kami kebingungan mencari jawabannya .
contohnya ketika arif membutat sebuah pertanyaan
kata arif “ ayok siapa yang bisa jawab ini , kata kunci berfikir sebelum menjawab ,  ayok disana ada bintang , dan disini ada apalagi ayokkkk ???
awalnya kami semua terkecoh bahkan ada sampai beberapa kali pertnyaan masih belum ngeh juga ..
sangat membosankan menurutku karena pada waktu itu saya juga belum tau jawabannya , ehhhh setelah tau , ternyata …….. ingat kata kuncinya berfikir sebelum menjawab , jadi jika kita ingin menjawabnya kita harus berfikir dulu , misalnya ayok siapa yang bisa jawab ini , kata kunci berfikir sebelum menjawab ,  ayok disana ada bintang , dan disini ada apalagi ayokkkk ??? emmmmm ada orang bercelana kuning , baju garis-garis , pake jaket dan pakesenter di  kepalan.
namun jika kita tidak berfikir , katanya kita salah semua hehehehe
itulah salah satu keseruan kami bersama malam di pondok salada .
di lain tempat saya, putri , dan rani sembari melihat langit malam yang di penuhi bintang-bintang yang indah , dan kita juka menemukan banyak bentuk bintang , ada seperti bajak sawah , segitiga sama sisi , segitiga sama kaki , ada bentuk gama , bentuk bintak tak terdifinisi , da nada juga seperti setengah hati ,,  sweat sweat banget kan . heheheheh  dan masih banyak keseruan lainnya yang tak bisa terlupakan .

*nanti tunggu saja perburuan bintang-bintang yang lain bersama Putri, Rani  di  waktu yang berbeda

setelah itu kami semua balik ke tenda masing-masing untuk tidur..
ehh semua pada kebablasan , jadinya kita gak jadi naik ke tegal alun pagi-pagi agar bisa ngeliat sunrise. Tapi gak apa-apalah sudah terlanjur. Di pagi itu udara sangat dingin sekali huhhhhh ,,sampai malas banget pergi ambil air wudhu saking dinginnya , pagi itu kami semua pada masak bareng dan bercanda bersama-sama sebelum kami naik ke puncak tegal alun . dan setelah pada semua siap dan barang bawaannya ke atas .
kami berangkat munuju tegal alun pada pukul 08.14 minggu pagi , disepanjang perjalanan kami melihat panorama alam sekitar yang nan indah sekali , kami melewati hutan mati  sembari foto-foto bareng di perjalanan .
perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam-an untuk sampai puncak tegal alun  , kami semua sampai di tegal alun pada pukul 09.20 pagi , namun sepanjang perjalanan menuju ke tegal alun , ada trak yang lumayan ekstrim dan harus berhati-hati karena curam sekali hingga sampai 70an derajat . dari sanalah kami juga bisa melihat gunung-gunung yang lain yang sangat memukau semua orang .
dan sesampai tegal alun kami semua terpukau kembali dengan padang adelweis yang sangat luas , yang katanya padang adelweis terluas sedunia , wihhhh keren kan …….
dan disana kami semua pada foto-fotoan , dan sambil bermain-main bersama . banyak hal lucu di sana.
Kami seua turun pada pukul 9.57 pagi dan sampai pondok salada pada pukul 11.01 pagi menjelang siang. Di tengah perjalanan saya dan putri sering berbincang-bincang mengenai langit , kenapa langit itu warnanya biru ??? , dan fenomena yang lain juga sampai kita diskusi mengenai awan bahkan sampai kita diskusi tentang lubang cacing . lubang hitam . dan bahkan partikel elementer   dan kosmologi *sok dikit hehehehe
Dan setelah itu kami semua packing untuk siap-siap turun , namun kami juga sebelum turun masak dulu dan setelah masak kami semua pada makan .. dengan lauk yang sangat banyak hehehehehe , bikin kenyaaaaaaang……..
Setelah itu kami turun dari papandayan mountain (pondok salada) pada pukul 02.00 pm siang dan kami sampai gerbang pendakian pada pukul 04.00 sore, sesampai disana kami memutuskan untuk sholat ashar  setelah semua sholat , kami langsung turun ke cisurupan menggunaan mobil pick-up  lagi dengan ongkosnya sebesar 200 ribu  dan sampai cisurupan pada pukul 5.42 , selaang beberapa menit kami langsung naik angkot  menuju terminal garut , dan biasanya angkot sudah menunggu disana hehehehe J. Dan Alhamdulillah bayar angkot/ orang itu sebesar 10 ribu rupiah , di perjalanan semua pada tepar sebagian , ada yang tidur dan ada yang main kamera ngeliat-liat foto-foto waktu di puncak papandayan.
Kami sampai terminal pada pukul 6.36  dan kami semua memtuskan untuk menjamak qasar sholat magrib dan isya , dan kami langsung ke mobil bis yang menuju Jakarta terminal kampung rambutan . dan kami berangkat dari terminal garut pada pukul 7.57 ahad malam dan sampai di Jakarta pada pukul 2.30 senin pagi. Selama di perjalanan pulang semua pada tepar, emang sih keliatan sekali dari raut muja teman-temanku semua pada kecapek’an. Dan pada bangun pas sudah nyampe Jakarta .dengan ongkos sebesar 588.000 untuk 14 orang
 setelah itu kami mencari masjid yang terdekat  untuk melakukan sholat magrib dan isya . dan Alhamdulillah kami mendapatinya di dekat terminal. Dan kami semua langsung ambil air wudhu dan sholat . setelah semua pada kelar , kami langsung cari carteran mobil angkot yang menuju depok , dan Alhamdulillah kami dapat , pada waktu itu kak yoyo FTUI 2009 yang mencari carteran mobil . dan akhirnya kami berangkat jam 03.40-an ke depok dan kami samapi depok dengan selamat , sedangkan untuk ongkosnya perjalanan kami dari terminal kampung rambutan sampai depok  sebesar 85 ribu . hehehe . dan total penghabisan kami semua perorang adalah 200 ribu , hal ini karena kita beli logistic itu banyak sekali sampai 550 ribu ,,,, pasti kebayang kan teman-teman heheheheh
mungkin cerita tak seindah novel 5 cm , tapi percayalah bahwa ini  nyata. semua in kita lewati dengan semangat dan gembira dan mempunyai makna yang dalam ,dimana arti sebuah kebersamaan yang tak ternilai.
*kita tunggu lagi pendakian gunung-gunung selanjutnya

Kesannya
Zul : ini adalah perjuangan, karena ini pertama kali naik gunung sampai puncak juga , senangnyaaaaaaa
Terima kasih saya  ucapkan sebesar-besarnya untuk semuanya kak majid FTUI, ka yoyo FTUI 2009, kak henny FKM , kak wisnu FASILKOM 2009 , kak Ardi FTUI 2009 , ada kak hana , kak doni ,  Rani FISIP 2011 ,  Arif FTUI 2011 , kak ros (putri hardiyanti FISIP 2011) dan kakak ratih , kak desti, kak indri

Detail Biaya dan Pemasukan

bis(Kp.rambutan-terminal garut)
Rp 42000 x 14 orang
588,000

charter mobil (terminal garut-Cisurupan)
Rp 15000 x 14 orang
200,000

mobil open cup(cisurupan-gerbang pend)