Tidak Ada Kata Tidak Bisa,Kita Bisa Menjadi Sepeti Mereka

20:20

 
 Setiap orang pasti pernah mendapatkan masalah, begitu juga denganku pada saat itu. setiap hari selalu terpikirkan , bingung , solusinya bagaimana. pada waktu itu juga ketika kelas XII yang mau Lulus
  Akhirnya , aku memberanikan diri menghadap  guruku. Saat itu jam istirahat. Pak Andi, sarjana psokologi itu agak terkejut menerima kehadiranku. Selama ini beliau dianggap killer oleh para guru lainnya. Tetapi Aku sudah tidak tahan ada hal yang mendesak yang harus kukonsultasikan padanya.

 Alhamdulillah, Pak Andi menyambutku dengan hangat. Beliau mengajakku berbincang  sambil makan di kantin. Berdua kami meninggalkan ruangannya yang rapi, luas, sejuk dan segar itu.
Selama ini kawan-kawan disini sungkan menemuiku. Aku dibilang sombong mentang-mentang bergelar ganteng dan berprestasi di sekolah ini. Begitu, bukan ?

Pak Andi memulai percakapan setelah kami tiba di kantin. Padahal kesan itu sama sekali tidak benar, lanjutnya.

Hidangan di Kantin itu kami habiskan sambil ngobrol santai selama 15 menit. Setelah itu Pak Andi mempersilahkan Aku menyampaikan masalah yang Aku hadapi selama ini. Kemana aku meneruskan sekolahku ,aku bingung   ? tanyaku.
Ya, sering sekali hal itu terjadi, sengaja atau tidak. Kenapa,  Nak mengalami masalah semacam itu ketika mau melanjutkan pendidikan?
 Ya Pak, Aku bingung mau kuliah kemana , aku mau ke kuliah ke luar daerah, tapi ortu aku tidak mengizinkan karena biaya tidak ada, apalagi di Mesir , padahal selama ini yang aku impikan adalah kuliah di Mesir , tapi itu semua karena tidak ada biaya.bagaimana pak

Gini aja nak , kamu belajar yang rajin , insyaAllah , nanti kalau ada undangan dari universitas lewat prestasi . nanti bapak yang kasih tahu, jangan pikir biaya dulu nak,  karena semua itu sudah di tulis di lauh mahfuz , apa yang akan terjadi  besok . dan rizki itu sudah di tangan Allah ,  apalagi kamu siswa yang berprestasi , pintar , InsyaAllah pasti ada jalannya. Karena kita tidak terlahir untuk berhasil , tapi kita terlahir untuk mencari jalan menuju keberhasilan. yakinlah, bukan karena Nak tidak mampu, Pak Andi membenarkan hatiku.

Kembali pada masalahmu, memang ada orang tua yang tidak mengizinkan karena kuarng mampu , tapi semua itu bukan alasan untuk tidak sekolah. Coba kamu cari di internet tentang beasiswa nanti kamu bisa daftar online ,
Apa nak punya laptop?
Tidak ada pak ,
O ya nanti bapak kasih pinjam laptop, mumpung di sekolah internetnya gratis .katanya pak Andi
Ya, makasih pak
Kamu apa sekarang pelajarannya.?
“Matematika.” ,
 ya sudah , nak balik dulu ke kelasnya. Nanti kalau ada waktu kita bisa berbincang-bincang lagi .
 Makasih Pak . aku mau ke kelas dulu.
Assalamualaikum.
 Sesampai didepan kelas aku langsung ketuk pintu, ternyata teman sudah mulai belajar, aku takut kalau aku tidak di kasih masuk,
Syukurlah aku terlambat baru dua menit.
Aku lega sekali, aku langsung duduk di tempat biasa .
Aku mengikuti pelajaran dengan santai dan tidak terlalu merasa tertekan.
Untung guruku humoris , jadinya kami semua santai sambil memperhatikan apa yang di jelaskan oleh pak guru.

Setelah itu pak guru bercerita , bahwa dulu ada seorang siswanya yang sekolah sampai prancis. Kami semua mendengarkan dengan serius.

Dia orangnya miskin , katanya pak
Dia orangnya pintar , di sekolah selalu menjadi juara umum,  orangnya rajin sehingga selalu menjadi juara umum, dan tekun tapi karena kurang mampu dia tidak ada harapan untuk melanjutkan, hidupnya saja pas-pasan , itu aja bayar sekolahnya, Di bantu oleh pamannya.

Dan Allhamdulillah dia ikut lewat PMJK lewat prestasi, dia di terima , dan mendapat beasiswa di luar negeri di prancis. Dan sekarang dia sedang melanjutkan S-2 di sana juga. Wah ini sangat 

 membanggakan sekolah kita .  dan bapak dengar kalau anak itu , sudah di rekrut kerja disana              
makanya kalian semua harus semangat  belajarnya di tingkatkan lagi, kakak kelasmu bisa sekolah ke luar negeri  walaupun dia tidak mampu, dia hanya bermodalkan kemauman , dan usaha , InsyaAllah kalian juga bisa seperti ituu,
Hatiku semakin yankin bahwa biaya itu tidak menentukan kita bisa sekolah atau tidak. Aku terinspirasi dari cerita bapak guruku tadi  samapai akahirnya dia bisa sekolah di luar negeri.

Waktunya ganti jam pelajaran , aku mengikuti pelajaran dengan selalu memperhatikan apa yang di jelaskan oleh guruku. Dan setelah habis pelajaran,  kami semua sholat berjamaah ,.
Setelah itu kami semua pulang sekolah.

Tiga hari setelah itu  , bapak Andi datang ke kelasku , dia mengatakan bahwa  ada PT yang mengundang, dia meminta cuma  dua orang setiap kelas XII. Alhamdulillah aku termasuk di dalamnya . aku senang banget.
Allhamdulillah YA ALLAH, semoga aku diterima  Amin

Semua berkas aku persiapakan , mulai dari hasil semester , sampai  surat dari keterangan dari sekolah , dan alhamdulillah, surat keterangan dari  sekolah sudah diajukan ke kepala sekolah oleh pak Andi.
Aku mengantar semua berkas ke ruang BK , karena akan dikirim ke PT yang mengundang .  ,

Setelah satu dua minggu berkas diterima oleh PT tersebut, universitas tersebut mengirimkan surat hasilnya. Apa lulus atau tidak lulus.
Setelah itu sekolah menerima surat dari universitas tersebut , kalau tidak salah dengar ada yang lulus PMJK lewat guru BK.

Dan haru itu juga Pak Andi datang ke kelasku , dia berkata

Kalau aku diterima menjadi mahasiswa di unversitas tersebut yang namanya Universitas Indonesia . Alhamdulillah saya bilang , aku sangat bahagia hari itu . dan Alhamdulilah . aku juga lulus UN . dan Alhamdulilah orangtuaku sangat senang mendengar kelulusanku . dan akhirnya aku bisa sekolah ke jenjang yang lebih tinggi .

aku  termenung , memang benar kata pak Andi kita tidak terlahir untuk berhasil , tapi kita terlahir untuk mencari jalan menuju keberhasilan . tidak ada yang tidak bisa kalau kita punya kemauan yang kuat . kita pasti menjadi seperti mereka biarpun kita tidak mampu dalam segi keuangan , jangan kita menjadi pemilik masa lalu yaitu yang malas belajar dan tidak keingina untuk berubah. Kita seharusnya menjadi pemilik masa depan , karena kita adalah penerus generasi harapan agama, nusa dan bangsa.  

Praya, 13 desember 2010

You Might Also Like

1 comments

  1. ini diary mu ya zul?? hahaaa.. nicenice :)
    jdi ingatmasa2 SMA ..

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images